Indikator
  • Undercontruction

Tak Hanya Bahagia, Jatuh Cinta juga Bermanfaat untuk Kesehatan Lho

Home / Kesehatan / Tak Hanya Bahagia, Jatuh Cinta juga Bermanfaat untuk Kesehatan Lho
Tak Hanya Bahagia, Jatuh Cinta juga Bermanfaat untuk Kesehatan Lho Jatuh cinta kepada pasangan. (FOTO: crosswalk.com)

NUNUKANTIMES, JAKARTA – Tidak bisa dibantah bahwa rasa cinta bisa timbul pada siapa saja, kapan saja dan terhadap apa saja. Jatuh cinta merupakan salah satu bentuk perasaan alami yang bisa dirasakan manusia. Itulah sebabnya setiap orang pasti pernah merasakan jatuh cinta.

Jatuh cinta selalu berperan penting dalam proses terbentuknya suatu ikatan antara pasangan. Rasanya bila membicarakan jatuh cinta selalu menyenangkan. Faktanya, jatuh cinta memiliki sederet manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut ini penjelasannya, dilansir dari Klik Dokter.

1. Mempercepat Perbaikan Jaringan Tubuh
Hubungan percintaan yang positif dapat mempercepat proses penyembuhan di tubuh. Sebuah penelitian menemukan penyembuhan luka menjadi 2 kali lebih cepat pada pasangan yang memiliki hubungan baik dibandingkan dengan pasangan yang memiliki banyak masalah.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Jatuh cinta dapat memberikan manfaat kesehatan bagi organ jantung. Jatuh cinta dipercaya dapat meningkatkan kualitas fungsi sistem saraf otonom tubuh yang juga mengatur kerja jantung.

Orang yang tidak menikah atau telah bercerai memiliki resiko 2 kali lebih besar untuk mengalami kematian akibat penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang menikah.

3. Menurunkan Stres
Jatuh cinta dapat menurunkan stres. Ketika Anda jatuh cinta beberapa hormon di tubuh, yaitu dopamin, vasopressin, serotonin, kortisol, dan testosteron ikut bekerja.

Hormon oksitosin dan vasopressin berinteraksi dengan sistem dopamin. Sistem tersebut merupakan sistem yang dapat menyebabkan seseorang merasa bahagia di saat peristiwa-peristiwa yang baik terjadi, seperti mendapat gaji atau pun jatuh cinta.

Itulah tiga manfaat jatuh cinta untuk kesehatan. Sudah tahu kan alasannya Anda merasa lebih sehat di kala sedang jatuh cinta. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com