Indikator
  • Undercontruction

Wapres: Tak Benar Hukuman Mati Misrin Tanpa Pemberitahuan

Home / Peristiwa - Nasional / Wapres: Tak Benar Hukuman Mati Misrin Tanpa Pemberitahuan
Wapres: Tak Benar Hukuman Mati Misrin Tanpa Pemberitahuan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. (FOTO: TIMES Indonesia)

NUNUKANTIMES, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan tak benar informasi yang menyatakan bahwa eksekusi hukuman mati terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Bangkalan, Jawa Timur, Muhammad Zaini Misrin Arsyad (53) tanpa pemberitahuan kepada pemerintah.

Menurut Wapres, pemerintah lewat Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jeddah dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) selama mendampingi Misrin di penjara telah puluhan kali melakukan pertemuan dengan pihak Saudi soal kasus Misrin itu. 

"Jadi, bukan tanpa pemberitahuan," katanya di Kantor Wapres Jakarta, Selasa (20/3).

Bahkan, tambah Wapres, Presiden Jokowi sudah melakukan pembicaraan dengan Raja Salman sebanyak tiga kali khusus untuk membahas kasus Misrin ini.

"Jadi bukan main-main usaha Pemerintah. Cukup tinggi, sampai tingkat Presiden," tegasnya.

Wapres mengingatkan kembali, bahwa Indonesisa harus memahami hukum yang berlaku di Saudi terkait dengan kasus Misrin ini. Bahwa hukum di sana mengesahkan hukuman mati.

"Dia kan melakukan pembunuhan, dan di sana kalau pembunuhan itu hanya bisa dimaafkan oleh keluarga. Nah, kalau keluarganya tidak mau memaafkan, ya sudah, tidak bisa lagi," katanya.

Seperti diketahui, Misrin (53) TKI asal Bangkalan, Jawa Timur, bekerja sebagai sopir di Arab Saudi. Dia ditangkap oleh polisi Arab pada 13 Juli 2004 karena tuduhan membunuh majikannya yang bernama Abdullah bin Umar Muhammad Al Sindy.

Misrin divonis hukuman mati pada 17 November 2008, namun KJRI Jeddah baru menemui Misrin untuk pertama kalinya di penjara pada 2009.

Kepada KJRI Jeddah, Zaini mengaku bahwa dirinya dipaksa untuk mengakui perbuatan pembunuhan terhadap majikan karena mendapat tekanan dari polisi Saudi Arabia dan penerjemah.

Eksekusi hukuman mati terhadap Misrin berlangsung pada Minggu (18/3). (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com