Indikator
  • Undercontruction

Tips Mengatasi Depresi dengan Melukis

Home / Kesehatan / Tips Mengatasi Depresi dengan Melukis
Tips Mengatasi Depresi dengan Melukis Depresi. (FOTO: omeubemestarom)

NUNUKANTIMES, JAKARTA – Depresi bisa membuat seseorang memiliki gangguan tidur, emosi tidak stabil, bahkan berniat bunuh diri. Jika tidak segera diatasi depresi bisa menjadi lebih parah. Adakah cara yang efektif untuk mengatasi depresi?

Dilansir dari Antara, Ketua Bipolar Care Indonesia (BCI) Vindy Ariella mengatakan melukis atau menggambar sesuatu menjadi salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan kala depresi melanda. Meski tidak berbakat melukis, Anda bisa tetap melakukannya. Menggambar bebas bisa sekalian mengeluarkan uneg-uneg atau membuat semacam kartu masa depan untuk menyemangati diri.

Vindy mengatakan, saat depresi dirinya justru bisa mendapatkan hasil lukisan yang lebih memuaskan. Ini karena ia lebih menghayati apa yang ia lukis. Ia seolah-olah masuk ke dalam lukisan.

Vindy yang juga sempat didiagnosa bipolar pada 2009 silam menegaskan, bagi penderita gangguan bipolar, penting untuk bisa mengenali kapan gejala penyakitnya itu muncul, demi menghindari masalah.

"Harus tahu kapan mau drop, misalnya kalau saya, belakangan banyak tidur. Kalau sudah begitu, batasi aktivitas. Tetapi saat semangat tinggi, jaga jangan sampai bablas," kata dia.

Namun, terkadang dia juga meminta ditemani sang ibunda, bahkan untuk sekedar meminta pelukan untuk membuatnya tenang. Kenyamanan dan ketenangan memang penting untuk mengatasi depresi. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com