Kunjungan Wisatawan ke Bondowoso Terus Meningkat

Home / Berita / Kunjungan Wisatawan ke Bondowoso Terus Meningkat
Kunjungan Wisatawan ke Bondowoso Terus Meningkat Wisata alam di Kabupaten Bondowoso, Air Terjun Sulaeman. (Foto: Dok TIMES Indonesia)

TIMESNUNUKAN, BONDOWOSO – Kunjungan wisatawan ke Bodowoso setiap tahunnya mengalami kenaikan. Sejak tahun 2013 sampai 2017 mengalami kenaikan yang signifikan.

"Yang awalnya, hanya 43.223 orang pengunjung ditahun 2013, kini bertambah menjadi 446.840 orang pengunjung, ditahun 2017," ungkap Kepala Disparpora, Hary Prantiono, Kamis (26/4/2018).

Secara terperinci, Hery menjelaskan, bahwa ditahun 2013 para wisatawan mencapai 43.223 orang. Selanjutnya tahun 2014 meningkat 57.941 orang dan tahun 2015 naik menjadi 122.683 orang.

Kenaikan terus tercatat di tahun berikutnya, yaknimencapai 164.649 di tahun 2016 dan di tahun 2017 capai mencapai 446.840 orang pengunjung. Mereka datang dari daerah di Indonesia dan luar negeri.

"semua itu diraih berkat sinergi kerjasama jajaran pemerintah baik legislatif dan eksekutif, serta dibantu elemen masyarakat,"imbuhnya.

Hary menyampaikan, upaya mengangkat popularitas destinasi wisata Pemkab Bondowoso terus dilakukan. Caranya dengan menggandeng komunitas anak muda yang aktif di sosial media.

"Seperti pada Ijen Festival tahun ini, lebih melibatkan peran masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengangkat potensi, mempromosikan destinasi wisata, budaya dan kesenian asli Bondowoso," ucapnya.

Bupati Bondowoso H Amin Said Husni, menambahkan, Ijen Festival berdampak pada jumlah wisatawan yang datang ke Bondowoso. Kenaikan mencapai angka 5 persen hingga 8 persen di Ijen Festival.

Amin mengatakan, Ijen Festival akan terus menggelar aneka acara berkelas nasional dan internasional agar terus memikat pengunjung datang ke kabupaten berjuluk Highland Paradise ini. Acara yang dimaksud seperti Ijen Trail Running, Festival Kopi Nusantara, Ijen Flying Fest dan Jazz de Ijen. (*) 

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com