Penting! Ini Refleks yang Harus Dimiliki Bayi Baru Lahir

Home / Gaya Hidup / Penting! Ini Refleks yang Harus Dimiliki Bayi Baru Lahir
Penting! Ini Refleks yang Harus Dimiliki Bayi Baru Lahir Bayi. (FOTO: Meetdoctor.com)

TIMESNUNUKAN, JAKARTA – Refleks merupakan gerakan yang sifatnya involunter alias tidak disengaja. Refleks bayi biasanya berupa gerakan yang bersifat spontan dan terjadi pada aktivitas bayi sehari-hari. Apa saja refleks yang harus dimiliki bayi baru lahir? Berikut ulasannya dilansir dari Hello Sehat.

1. Rooting reflex
Refleks ini terjadi ketika Anda menyentuh pinggir mulut bayi Anda. Bayi akan mengikuti arah sentuhan tersebut sambil membuka mulutnya. Hal ini membantu bayi ketika ia sedang ingin menyusu. Refleks ini muncul sejak lahir dan bertahan hingga usia 3-4 bulan.

2. Refleks menghisap (sucking reflex)
Ketika bagian atas atau langit-langit mulut bayi disentuh, bayi akan mulai menghisap. Refleks menghisap mulai muncul saat usia 32 minggu kehamilan dan menjadi sempurna saat usia 36 minggu kehamilan. Oleh karena itu, bayi prematur biasanya belum bisa menghisap dengan baik.

3. Refleks moro
Refleks moro biasanya muncul ketika bayi terkejut. Ketika bayi Anda terkejut misalnya karena suara yang berisik atau gerakan yang terjadi secara tiba-tiba, bayi akan mengeluarkan refleks ini. Bayi akan melakukan gerakan dengan memanjangkan lengan dan menekuk kakinya. Refleks ini muncul sejak lahir dan bertahan hingga usia 4 bulan.

4. Asymmetric tonic neck reflex
Ketika kepala bayi menengok ke satu sisi, ia akan memanjangkan lengan di sisi yang sama. Sebaliknya, lengan pada sisi yang berlawanan akan ditekuk. Refleks ini muncul sejak lahir dan bertahan hingga usia 2 bulan.

5. Refleks menggenggam (palmar grasp reflex)
Refleks menggenggam pada bayi muncul ketika Anda menyentuh telapak tangannya. Bayi akan menutup jari-jarinya seperti gerakan menggenggam. Refleks ini muncul sejak lahir dan bertahan hingga usia 3-4 bulan.

6. Refleks Babinski
Refleks Babinski muncul ketika Anda menggaruk telapak kaki bayi Anda. Jempol bayi akan mengarah ke atas dan jari-jari kaki lainnya akan terbuka. Refleks ini menetap hingga usia 2 tahun.

7. Stepping reflex
Refleks ini juga dikenal dengan istilah walking/dance reflex karena bayi terlihat seperti melangkah atau menari ketika ia diposisikan dalam posisi tegak dengan kaki yang menyentuh tanah. Refleks ini muncul sejak lahir dan terlihat paling jelas setelah usia 4 hari.8

Itulah refleks yang harus dimiliki bayi. Jika refleks bayi tersebut tidak terjadi, hal tersebut dapat disebabkan karena trauma saat proses kelahiran, obat-obatan, ataupun suatu penyakit. Bila Anda tidak melihat adanya refleks-refleks tersebut pada bayi Anda, sebaiknya bawa bayi Anda ke dokter spesialis anak untuk diperiksa lebih lanjut. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com