UNBK di Kota Batu, 9 Siswa Mengundurkan Diri

Home / Berita / UNBK di Kota Batu, 9 Siswa Mengundurkan Diri
UNBK di Kota Batu, 9 Siswa Mengundurkan Diri Para siswa SMP Ma'arif Kota Batu mengikuti UNBK tahun pelajaran 2017/2018. Mereka menggunakan fasilitas SMK Ma'arif yang masih dalam satu yayasan. (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESNUNUKAN, BATU – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs telah digelar selama empat hari, sejak Senin (23/4/2018) lalu. Di Kota Batu, tercatat ada siswa yang tidak mengikuti ujian karena sakit, dan mengundurkan diri.

Tercatat 3.248 siswa dari 30 SMP/MTs negeri dan swasta di Kota Batu sebagai peserta UNBK tahun pelajaran 2017/2018. 

Dari jumlah tersebut, 9 siswa mengundurkan diri. Sementara, jumlah siswa yang sakit berbeda setiap harinya. 2 siswa pada hari pertama, 3 siswa di hari kedua. Hari ketiga dan keempat ada 1 siswa.

Para siswa yang mengundurkan diri berasal dari SMP dan MTs swasta di Kota Batu.

Menurut Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Batu, Barokah Santoso, pengunduran diri telah diketahui pihak sekolah dari surat keterangan yang diberikan oleh orang tua siswa.

Bagi siswa yang tidak mengikuti UNBK karena sakit, kata Oka, sapaannya, dapat mengikuti ujian susulan. Ujian susulan dilaksanakan pada 8 dan 9 Mei 2018.

Sehari sebelum ujian susulan, lanjutnya, akan dilakukan sinkronisasi untuk teknis ujian.

"Hasil sinkronisasi menentukan tempat ujian susulan digelar. Dijadikan satu atau di sekolah masing-masing," jelas pria yang menjabat Kepala SMPN 2 Kota Batu ini.

Oka menambahkan, hasil UNBK bukan penentu utama kelulusan. Namun yang menentukan kelulusan adalah hasil ujian sekolah dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

"Meski tidak mempengaruhi kelulusan, pengumuman hasil kelulusan bisa keluar jika peserta didik mengikuti UNBK," terangnya. 

Pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs di Kota Batu, berjalan sukses dan lancar. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com